Widget HTML Atas

Dari Football Manager, Mannetti Merajut Mimpi Namibia ke Piala Dunia

Dari Football Manager, Mannetti Merajut Mimpi Namibia ke Piala Dunia

Dari Football Manager, Mannetti Merajut Mimpi Namibia ke Piala Dunia
Jakarta - Ricardo Mannetti sama sekali tak tertarik menjadi pelatih saat dirinya masih aktif bermain sepakbola beberapa tahun lalu. Namun karena Football Manager dia bisa saja meloloskan Namibia ke Piala Dunia 2014.

Mannetti saat ini berusia 38 tahun. Namanya mungkin tak terkenal di Eropa dan Asia, tapi dia adalah salah satu mantan pemain top Namibia dan kini juga menjadi salah satu pelatih terbaik di sana.

Saat masih aktif bermain, dia total mengantongi 60 caps untuk negaranya. Selain itu Mannetti juga tampil di Final Piala Afrika plus merumput di liga profesional Afrika Selatan.

Diakui Mannetti, pada awalnya menjadi pelatih sama sekali tak masuk dalam rencana jalan hidupnya. Namun keputusan tersebut berubah setelah dia memainkan game Football Manager milik adik iparnya. Dan tujuh tahun setelah pertama memainkan Football Manager, Mannetti kini bisa saja meloloskan negaranya ke final Piala Dunia 2014.

"Sebelum itu saya tidak terlalu tertarik dengan video games, saya tak pernah tertarik untuk memainkannya. Tapi Football Manager menangkap imaginasi saya," kisahnya dalam wawancara dengan Reuters.

"Saya selalu meraih kemenangan dan orang-orang bilang itu adalah bukti kalau saya bisa menjadi pelatih yang baik," lanjut dia.

Setelah pensiun menjadi pesepakbola, Mannetti dapat kesempatan melatih klub pujaan masa kecilnya di Kota Windhoek. "Saya berpikir 'Ayolah, beri saya kesempatan' dan dari situlah saya mendapatkan pekerjaan itu."

Di musim pertama, Mannetti berhasil mengantar timnya menjuarai Piala Namibia dan finis kedua di kompetisi domestik. Prestasi tersebut membuat klub terbesar di Namibia, Black Afrika merekrutnya. Mulai tahun 2010 Mannetti mulai bekerja untuk asosiasi sepakbola Namibia setelah dikontrak sebagai pelatih tim nasional U-20, hingga akhirnya dapat promosi bersama tim nasional senior di tahun ini.

Namibia tak termasuk dalam kategori tim kuat Afrika. Dalam pengundian Kualifikasi Piala Dunia 2014 mereka cuma berada di pot empat yang merupakan tempat bagi tim yang paling tidak diunggulkan.

Sejauh ini penampilan mereka juga tak bisa dibilang spesial. Namun negara dengan populasi kurang dari 2,5 juta jiwa itu masih punya peluang lolos ke Brasil tahun depan. Sudah menjalani empat pertandingan, Namibia bertengger di posisi empat dengan poin empat. Mereka tertingal empat angka dari Nigeria di posisi teratas dan terpaut dua dari Malawi yang berada di posisi dua.

Dengan kondisi seperti itu, dan masih ada dua pertandingan tersisa di Grup F, Namibia bisa saja membuat kejutan lolos ke putaran final Piala Dunia 2014. Syaratnya terbilang berat karena di pertandingan berikutnya mereka akan berhadapan dengan sang juara Afrika, Nigeria, dan dilanjutkan dengan bertamu ke tim juru kunci Kenya.

Hanya klub penghuni puncak klasemen yang berhak lolos ke babak ketiga. Afrika punya jatah lima negara untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2014.
(dtc/din) Sumber: detiksport
 

Sekian: Dari Football Manager, Mannetti Merajut Mimpi Namibia ke Piala Dunia
Salam Hangat Beritasepakboladunia88.blogspot.com By Ardi

KOMENTARI VIA FACEBOOK: